5 Souvenir Khas Kota Jepara

5 Souvenir Khas Kota Jepara

5 Souvenir yang perlu kamu beli saat berkunjung di Jepara, jalan-jalan ke suatu kota rasanya tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga maupun teman dekat. Tidak terkecuali ketika berkunjung ke Jepara, Jawa Tengah.

Jepara lebih terkenal dengan seni ukirnya yang terkenal hingga mancanegara, Jepara juga menawarkan berbagai souvenir yang cocok untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh. Berikut 5 diantaranya:

Batik Kartini

Batik Kartini awal mula dibuat oleh R.A Kartini yang tak lain adalah pahlawan pejuang emansipasi wanita Indonesia yang lahir di Jepara. Sesuai dengan namanya batik ini memiliki motif yang terdiri dari motif parang gondosuli, motif bunga kantil dan motif srikaton.

Saat ini batik Kartini masih terjaga hingga sekarang berkat para ibu-ibu yang masih suka membatik, khususnya di daerah kota sendiri dan di Desa Troso. Dengan teknik tulis. Wah gimana tertarik beli sebagai oleh-oleh?

Kain Tenun Troso

Selain batik, Troso lebih dikenal dengan  Desa Atraksi Tenun. Tenun Troso merupakan jenis tenun ikat dengan lungsi warna alam atau sintetis. Bila kamu menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Desa Troso, di sana kamu dapat melihat prosesnya langsung serta mencoba untuk menenun.

Hasil tenun Troso bermacam-macam, ada yang buat selimut, badcover, sofa jok, di samping itu juga sebagai bahan baku untuk baju. Penjualan tenun Troso sekarang merambah ke luar negeri karena sistem penjualan online sangat menguntungkan bagi pengrajin tenun.

Kerajinan Monel Jepara

Kalau kamu pecinta asesoris dari emas tapi bingung gak beli karena harganya mahal, di Jepara ada pusat kerajinan monel yang membuat berbagai aksesoris mulai dari, cincin, kalung, gelang, anting, hingga kalung berlogo (nama) dengan harga terjangkau di kantong para pelancong karena berbahan monel.

Kerajinan Monel ini terletak di Desa Kriyan, Kalinyamatan, Jepara. Harga monel mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Kerajinan Kerang

Letak Kota Jepara yang ada di Pesisir pantai serta banyak terdapat pantainya, maka hasil laut Kota Jepara sangat melimpah. Untuk mengurangi limbah kerang yang hanya di jual dagingnya saja, banyak warga Jepara yang menggeluti kerajinan kerang ini untuk dijual sebagai souvenis khas Kota pesisir ini. Diantara karyanya adalah gantugan kunci, kap lampu, cermin hias.

Nah beragam kerajinan kulit kerang dapat dijumpai pedagang yang ada  di sepanjang jalan pantai Kartini atau pantai Bandengan (Pantai Tirta Samudra).

Kayu langka Stigi

Bagi kamu yang tertarik dnegan hal-hal yang berbau mistis, pasti pernah mendengan kayu stigi. Ya kayu stigi adalah sejenis kayu yang diyakini memiliki tuah magis bahkan kekuatannya bisa melebihi kayu dewandaru dan kayu kalimosodo. Karakteristik kayu stigi yaitu keras, dinamis, dan kokoh. Ada dua jenis kayu stigi yaitu kayu stigi laut yang berwarna coklat tua serta kayu stigi darat yang berwarna hitam.

Nah itu tadi, lima jenis oleh-oleh khas Jepara yang wajib di beli sebagai buah tangan dari Jepara. Menutut kamu apa yang paling menarik?

info oder tenun troso bisa kunjungi www.tenunelphi.com

admin 1 (082242329818)

admin 2 (085640754845)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *